Rabu, 12 September 2012

Kiat menjadi seorang Enterpreneur atau Wirausaha



Setiap insan di karuniai jiwa enterpreneur dan harus dikembangkan.Artinya,jika ingin menjadi pengusaha sukses,tak melulu mengandalkan bakat.Melainkan harus mengetahui bagaimana cara mengasah kemampuan dengan terus berlatih.Untuk mendapatkan sesuatu seseorang harus berlatih.Maksudnya melakukan,mau belajar dan melatih diri ,bukan sekedar menghafal sebuah rumus.

Karena sudah memiliki bakat alamiah sebagai seorang wirausaha (enterpreneur),ada langkah - langkah yang perlu dilakukan antara lain :

1.Pilihan hidup

Inilah yang harus mulai diteguhkan.Usaha atau bisnis merupakan sesuatu yang sifatnya seumur hidup.Karena itu kita harus yakin,bahwa usaha yang dijalankan ini merupakan pilihan hidup.Contoh nya kita mengibaratkan usaha dengan sebuah kapal yang berlayar,jika sudah berlayar pantang rasanya untuk kembali.Maka penting untuk mempersiapkan rencana (solusi) ketika menghadapi kegagalan.

2.Bukan sekedar mencari pelanggan

Saat anda membuka sebuah usaha,target pasar memang diperlukan.Tapi jangan sampai terfokus pada pelanggan.Antara pemilik usaha dengan pelanggan,sangat diperlukan jalinan hubungan saling percaya satu sama lain.

3.Mempersiapkan modal bisnis

Dalam bisnis ,modal harus dimulai dari sesuatu yang mudah hingga yang sulit.Artinya kita harus memperhitungkan modal usaha mau seperti apa(modal sendiri atau bersama rekanan bisnis).Namun tak jarang mereka yang menjalankan  usaha dari modal bersama,maka permasalahan yang muncul justru akan lebih banyak.Usaha yang telah maju akan terjadi perubahan,jika tidak dikontrol dengan baik,justru berujung pada kehancuran.

4.Motivasi

Ketika berwirausaha sendiri kita tetap membutuhkan bantuan orang lain.Bisnis tak dapat jalan sendiri,perlu ada dukungan dari orang lain,seperti keluarga,sahabat,bahkan pelanggan.Dalam kondisi ini,kita memerlukan bantuan orang lain untuk mengatasi segala macam hal serta menangani masalah tertentu.

5.Menentukan posisi

Sebelum bertekad mendirikan usaha,tentukan product enterpreneur atau marketing enterpreneur.Keduanya memiliki cara yang berbeda.Product enterpreneur inilah yang banyak dipilh oleh orang indonesia,menciptakan dan menghasilkan suatu produk lebih mengarah pada proses produksi.Disisi lain,ada marketing enterpreneur,pengusaha yang tidak menciptakan barang melainkan memfokuskan diri pada pemasaran produk.

Kunci agar usaha berkembang & bertahan

Faktor yang mempengaruhi supaya bisnis berkembang dan berumur panjang adalah:

a.Kepercayaan
Penting dan sulit didapatkan,jika pelanggan Anda sudah menanamkan benih kepercayaan,jangan sampai kepercayaan itu hilang karena kesalahan yang Anda perbuat.Umumnya pelanggan menerima informasi negatif dari orang lain,kemudian mempercayainya,anda harus segera memulihkan kepercayaan pelanggan.

b.Institusi
Sebagai mahluk sosial kita pasti memerlukan bantuan orang lain.Anda dapat merekrut tim yang solid serta mampu meng-handle semua keperluan usaha anda.Oleh karena itu pelayanan yang baik tak hanya diberikan kepada pelanggan tapi juga pada pekerja Anda.Menjalin hubungan yang baik dengan pekerja Anda.

c.Cash flow
Cash flow atau aliran kas merupakan hal krusial,karene berkenaan dengan aktifitas dengan usaha Anda,seperti membayar gaji pekerja,perkiraan kondisi keuangan dan lainnya .Jangan sampai masalah ini menghambat usaha Anda.

d.Tata nilai
Tata nilai berkaitan dengan penagturan dan pengendalian.Oleh karena itu,tata nilai wirausahawan tentunya akan dijadikan panutan bagi rekan atau pelanggan.Tata nilai ini dapat dinilai dari karakter bukan dari pendidikan nya.Semoga artikel ini bemanfaat.

Share on :

1 komentar: